Ilustrasi bahan cetak stiker yang bagus

9 Bahan Cetak Stiker Ini Bikin Stiker Makin Berkualitas

Menggunakan bahan cetak stiker yang bagus penting demi mendapat kualitas cetak stiker yang sesuai keinginan, termasuk tingkat keawetan dan daya rekatnya. Selain itu, bujet dan desain juga merupakan dua faktor penentu lain dalam memilih bahan stiker yang cocok. Terutama bila Anda menginginkan desain yang lebih kompleks untuk penggunaan di luar ruangan.

Dari beberapa bahan cetak stiker yang bagus, berikut ini 9 di antaranya yang sering digunakan di industri percetakan:

Bahan Cetak Stiker yang Bagus

Ilustrasi contoh bahan cetak stiker yang bagus

Setiap bahan untuk stiker memiliki karakteristik, daya tahan, serta cara pengaplikasian masing-masing. 

1. Vinyl

Bahan stiker ini mirip dengan plastik, permukaannya halus serta kelihatan mengkilap. Vinyl banyak digunakan dalam digital printing, dikenal awet, dan tidak gampang luntur. Beberapa produk stiker yang menggunakan vinyl adalah: label kemasan, stiker pelapis permukaan kaca, decal pada mobil atau motor, stiker souvenir, stiker untuk plang, alternatif sablon kaos, dan sebagainya

Selain tahan air, vinyl juga tahan terhadap panas matahari dan minyak. Sehingga, stiker vinyl diklaim sebagai salah satu yang terbaik untuk penggunaan di luar ruangan (outdoor). 

2. HVS

Umumnya, bahan stiker HVS tersedia dalam beberapa ukuran, yaitu A3 (29,7cm x 42cm),  A4 (21cm x 29,7cm), dan plano. Pada bagian belakang, ada bahan adhesif yang memastikan stiker HVS merekat sempurna. Stiker dengan bahan ini biasa ditemukan pada produk-produk seperti souvenir, buku tulis, undangan, barcode, label kemasan, dan lain-lain.

Stiker HVS adalah pilihan bahan cetak stiker yang bagus serta ekonomis, karena harganya lebih murah dan pembuatannya lebih mudah daripada jenis bahan cetak stiker lainnya.

3. Chromo

Tekstur stiker chromo mirip dengan stiker vinyl, yakni mengkilap permukaannya, karena dilapisi coating glossy. Kerap diaplikasikan pada kemasan produk, biaya cetak dengan bahan ini relatif terjangkau. Berikut ini beberapa keunggulan bahan chromo:

  • Dapat didesain berwarna-warni tanpa ada batasan warna.
  • Daya rekatnya cukup kuat.
  • Bisa diaplikasikan pada media kaca, plastik, kertas, dan lain-lain.
  • Bisa dicetak dengan mesin print offset, laserjet, serta inkjet menggunakan tinta art paper.
  • Tahan lama untuk penggunaan di dalam ruangan.

4. Bontax

Sekilas, stiker berbahan bontax mirip dengan stiker HVS. Yang membedakan adalah: stiker ini lebih kuat daya rekatnya. Harganya juga lebih murah serta mudah dibuat. Bermodalkan bahan bontax dan mesin print inkjet di rumah, Anda sudah bisa mencetak stiker sendiri.

Kerap dipilih sebagai bahan cetak stiker yang bagus untuk label kemasan, stiker bontax juga bisa diberi lapisan laminasi seperti doff atau glossy pada permukaannya agar lebih awet.

5. Yupo

Bahan cetak stiker ini dikenal tahan panas, awet, dan tidak mudah sobek. Disebut juga sebagai bahan sintetis, stiker yupo banyak dipilih untuk ditempel pada produk-produk seperti barcode, botol sabun, botol sampo, botol minyak, dsb. 

Stiker yupo bisa dicetak menggunakan mesin printer berbasis ecosolvent. Beberapa alasan bahan ini merupakan salah satu bahan cetak stiker yang bagus antara lain:

  • Lebih awet, baik indoor maupun outdoor.
  • Tidak menyusut.
  • Daya tahan tinggi terhadap oli dan cairan kimia.
  • Hasil cetakan tajam sekaligus kuat, meski tanpa lapisan laminasi.
  • Tahan goresan dan tidak gampang sobek.

6. Foil (Gold & Silver)

Bahan cetak stiker yang bagus satu ini punya lapisan seperti logam berkilau, berwarna emas atau perak. Bahan dasarnya disebut Polyflex, makin sering digunakan sebagai alternatif sablon kaos yang tahan lama dan unik.

Ciri khasnya adalah tipis tetapi kuat. Perekatnya terpisah dari kertas stiker; Anda perlu mengaplikasikan lem terlebih dahulu sebelum menempelkannya. Manfaat penggunaan stiker ini biasanya untuk memberi nuansa warna emas atau perak pada objek, seperti tembok, daun pintu, plafon, ukiran kayu, genteng, kubah masjid, gypsum, hiasan kaligrafi, dan lain sebagainya.

7. Transparan

Bahan ini bersifat tembus pandang alias transparan. Umumnya, ada tiga jenis stiker transparan: transparan ultra clear: sangat bening, transparan biasa/ standar, dan transparan matte/ doff: memiliki lapisan doff pada permukaan.

Stiker ini biasa dipakai untuk label kemasan, label ukuran (hang tag), dekorasi kaca, atau dekorasi pada desain interior. Selain itu, daya tahan dan daya eratnya kuat, tahan air, serta tak mudah sobek.

8. Hologram

Permukaan bahan hologram dapat memantulkan cahaya yang menghasilkan warna-warni layaknya tiga dimensi. Keunikannya adalah menampilkan desain stiker dari pelbagai sudut pandang serta dapat menghasilkan gambar maya dan nyata.

Harganya memang relatif lebih mahal, tetapi stiker hologram banyak dipakai perusahaan besar. Selain membuat stiker tampil lebih menarik, stiker berbahan hologram juga sulit dipalsukan.

9. One Way Vision

Karakteristik bahan ini adalah tekstur berlubang dan desainnya hanya dapat dinikmati dari satu sisi. Stiker one way sering dipakai untuk media promosi yang ditempel pada permukaan kaca mobil. Mereka yang ada di luar mobil bisa melihat keseluruhan desain stiker dengan jelas. Namun, tidak menghalangi pandangan mereka yang duduk di dalam mobil.

Saat memilih bahan cetak stiker yang bagus, pastikan Anda selalu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan bujet. Pertimbangkan pula faktor lain, seperti: penggunaan indoor atau outdoor, serta objek yang akan ditempeli stiker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

terbaru

Pertimbangkan 3 Hal Ini Untuk Memilih Jasa Percetakan, Selain Hasilnya

Pertimbangkan 3 Hal Ini Untuk Memilih Jasa Percetakan, Selain Hasilnya

Bagi kamu yang ingin mencetak atau mencustom produk di jasa percetakan. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal yang harus kamu perhatikan…
Starter Pack Untuk Kamu Bekerja

Starter Pack Untuk Kamu Bekerja

Bekerja saat ini sudah menjadi aktifitas sebagian orang, temasuk para anak muda. Perusahaan start up menjadi pilihan anak muda untuk…
Ikuti Tips Untuk Merawat Tote Bag Kanvas Kesayanganmu

Ikuti Tips Untuk Merawat Tote Bag Kanvas Kesayanganmu

Tote bag kanvas menjadi salah satu tote bag yang paling banyak dikenakan oleh anak zaman milenial, dengan penambahan aksen custom…