Standar ukuran kartu nama dan jenis kertasnya

Standar Ukuran Kartu Nama & Jenis Kertas Terbaik dan Sesuai

Mencetak kartu nama dengan desain yang bagus dan keren jadi salah satu aspek penting dalam upaya membangun personal branding. Hanya saja, desain bagus dan keren itu akan terlihat percuma kalau Anda tak mencetaknya dalam ukuran yang tepat. Oleh karena itu, Anda perlu memahami standar ukuran kartu nama untuk memperoleh hasil yang bagus. 

Ukuran Kartu Nama

Standar ukuran kartu nama

Penentuan ukuran pada sebuah kartu nama sangat penting, terutama bagi para pebisnis. Anda perlu tahu kalau ada berbagai standar ukuran yang berlaku pada kartu nama. Standar ini pun bisa berbeda di setiap negara. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan ukurannya sesuai dengan standar tersebut. 

Terdapat beberapa ukuran yang bakal sering Anda temukan ketika membuat kartu nama, yaitu: 

1. Ukuran 2″ x 3.5 ″ (5 cm x 8,8 cm)

Standar yang pertama adalah kartu nama dengan ukuran 2″ x 3.5 ″ atau 5 cm x 8,8 cm. Ukuran ini menjadi pilihan yang paling populer di Amerika Serikat. Selain itu, Anda juga bakal menjumpai beberapa negara lainnya seperti Republik Ceko, Korea Selatan, Polandia, Rusia, Meksiko, Afrika Selatan, Finlandia, serta sejumlah negara Amerika Latin menggunakan standar ukuran ini. 

2. Ukuran 2” x 2” (5 cm x 5 cm)

Kalau Anda ingin tampil beda dan unik, pertimbangkan untuk mendesain kartu nama dengan standar ukuran 2” x 2” atau 5 cm x 5 cm. Penggunaan standar ukuran ini membuat kartu nama Anda memiliki bentuk persegi yang unik. Bentuknya memang tidak sesuai dengan standar umum. Meski begitu, tidak ada keharusan bagi Anda untuk mengikutinya. Ukuran ini bakal sesuai bagi Anda yang berkecimpung dalam industri kreatif. 

3. Ukuran 2.17” x 35” (5,5 cm x 8,5 cm)

Selanjutnya adalah kartu dengan ukuran 2.17” x 35” atau 5,5 cm x 8,5 cm. Ukuran ini merupakan standar yang digunakan untuk kartu nama di Eropa. Dengan menggunakan ukuran ini, bentuk kartu nama bakal mirip seperti kartu kredit. Beberapa negara yang memakai standar ukuran ini di antaranya adalah Spanyol, Belanda, Swiss, Belgia, Turki, Italia, Portugal, dan lain-lain. 

4. Ukuran 3.5“ x 4” (8,8 cm x 10,1 cm) Dilipat Menjadi 2” x 3.5” (5 cm x 8,8 cm)

Pada kasus tertentu, ada beberapa orang yang ingin memasukkan berbagai jenis informasi dalam kartu nama. Oleh karena itu, kartu nama yang menggunakan ukuran standar bakal terasa tidak mencukupi. Solusinya, Anda dapat menggunakan ukuran kartu nama 3.5“ x 4” atau 8,8 cm x 10,1 cm. 

Standar ukuran ini memungkinkan Anda memperoleh kartu nama dengan desain lipat yang unik. Ruang ekstra yang ada di dalamnya pun bisa Anda gunakan untuk memasukkan berbagai info penting, seperti foto, detail bisnis, dan lain sebagainya. 

5. Ukuran 1.75” x 3.5” (4,4 cm x 8,8 cm)

Ada pula kartu nama yang memiliki standar ukuran 1.75” x 3.5” atau 4,4 cm x 8,8 cm. Ukuran kartu ini menawarkan fleksibilitas dan kesan yang modern. Hanya saja, Anda tidak bisa menuliskan banyak informasi di dalamnya. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan sentuhan desain grafis yang menarik. 

6. Ukuran 9 × 5,5 cm atau 90 × 55 mm

Terakhir, ada ukuran kartu nama 9 × 5,5 cm atau 90 × 55 mm yang dikenal sebagai standar kartu nama di Indonesia. Tidak ada keharusan bagi setiap orang di Indonesia untuk mengikuti standar ukuran ini. Jadi, Anda tetap bebas dalam menentukan pilihan ukuran saat mendesain kartu nama. 

Bahan / Jenis Kertas Kartu Nama Terbaik

Bahan atau jenis kertas kartu nama

Setelah menentukan ukuran kartu nama, Anda perlu memilih bahan atau jenis kertas yang digunakan. Ada banyak pertimbangan jenis kertas yang bisa Anda pilih. Kalau ingin hasil yang bagus, berikut ini rekomendasi terbaiknya: 

1. Art Paper

Penggunaan art paper membuat kartu nama terlihat bagus dengan permukaannya yang licin, halus, dan mengkilap. Art paper tersedia dalam gramatur 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram, dan 150 gram. 

2. Art Carton

Kertas jenis art carton punya karakteristik mirip dengan art paper. Hanya saja, kertas ini punya ketebalan lebih tinggi. Anda bisa menggunakan art carton dengan ketebalan mulai dari 190 gram sampai 400 gram. 

3. Blues White / BW

Ada pula kertas blues white atau BW. Kertas ini punya permukaan halus meski tanpa adanya lapisan khusus seperti art carton. Oleh karena itu, kertas BW tidak terlihat berkilau. Kertas ini punya ketebalan mulai dari 210 gram hingga 250 gram.

4. Brief Card / BC

Rekomendasi kertas untuk kartu nama berikutnya adalah brief card atau BC yang punya permukaan halus. Kertas ini biasanya tidak mempunyai laminasi. Pilihan warna serta tingkat ketebalannya variatif. Anda bisa menggunakan kertas 160 gram, 220 gram, atau 260 gram.

5. Glossy Photo Paper

Sesuai dengan namanya, kertas glossy photo mempunyai permukaan glossy atau mengilat. Alhasil, kartu nama terlihat bagus dan berkilau. Kertas ini dapat Anda temukan dalam ukuran mulai dari 180 gram hingga 260 gram.

6. Inkjet Paper

Kertas inkjet merupakan kertas yang memiliki keunggulan mampu mencetak gambar dengan tajam, jelas, dan awet. Kertas ini pun mampu menyerap tinta dengan cepat. Selain itu, warna pada kertas tidak akan memudar meski terkena cipratan air. Ketebalannya tersedia dalam ukuran mulai dari 120 gram hingga 240 gram.

7. Linen Jepang

Linen jepang merupakan kertas lokal yang punya karakteristik pada tekstur bergaris dengan warna putih. Kertas linen jepang dapat Anda peroleh dengan gramatur 220 sampai 250 gram.

8. Linen Holland

Linen holland merupakan produk kertas impor yang teksturnya mirip linen jepang. Hanya saja, kertas ini punya kelebihan pada warna dan ketebalan. Selain itu, teksturnya juga terlihat lebih jelas. Anda bisa memilih kertas linen holland dengan gramatur antara 220 sampai 250 gram. 

9. Mohawk Option

Kertas mohawk option adalah bahan impor dan merupakan produk daur ulang kertas bekas. Mohawk option biasanya tidak mempunyai laminasi dan punya tekstur sangat halus. Pilihan ketebalannya variatif, mulai dari 104 gram hingga 243 gram. 

10. Nettuno

Selanjutnya, Anda punya pilihan menggunakan kertas nettuno. Pemakaiannya mampu memunculkan nuansa artistik berkat tekstur permukaannya yang unik mirip serat kayu. 

11. Splendorgel

Kertas splendorgel punya kelebihan pada permukaannya yang halus dengan warna putih terang. Cetakan pun akan terlihat sangat jelas, sehingga cocok untuk blok warna. 

12. Translucent

Terakhir, Anda bisa memilih jenis kertas translucent. Keunikan kertas ini terletak pada teksturnya yang transparan. 

Baca juga: Jenis dan Ukuran Kertas Percetakan yang Sering Digunakan

Itulah informasi mengenai ukuran kartu nama serta pilihan kertas yang yang bisa Anda gunakan untuk membuatnya. Semoga bermanfaat, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

terbaru

Pertimbangkan 3 Hal Ini Untuk Memilih Jasa Percetakan, Selain Hasilnya

Pertimbangkan 3 Hal Ini Untuk Memilih Jasa Percetakan, Selain Hasilnya

Bagi kamu yang ingin mencetak atau mencustom produk di jasa percetakan. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal yang harus kamu perhatikan…
Starter Pack Untuk Kamu Bekerja

Starter Pack Untuk Kamu Bekerja

Bekerja saat ini sudah menjadi aktifitas sebagian orang, temasuk para anak muda. Perusahaan start up menjadi pilihan anak muda untuk…
Ikuti Tips Untuk Merawat Tote Bag Kanvas Kesayanganmu

Ikuti Tips Untuk Merawat Tote Bag Kanvas Kesayanganmu

Tote bag kanvas menjadi salah satu tote bag yang paling banyak dikenakan oleh anak zaman milenial, dengan penambahan aksen custom…