Macam-macam produk percetakan

Macam-Macam Produk Percetakan yang Penting Anda Ketahui

Bisnis percetakan merupakan sektor industri yang kehadirannya sangat dibutuhkan masyarakat secara luas. Macam-macam produk percetakan hadir dan menyediakan solusi untuk berbagai kebutuhan. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi, banyak pula produk percetakan yang berguna untuk keperluan bisnis. 

Pengetahuan tentang macam-macam produk percetakan di pasaran menjadi hal yang penting. Lewat pengetahuan tersebut, Anda bisa memilih jenis produk yang sesuai dengan tingkat kebutuhan. Alhasil, Anda akan memperoleh manfaat maksimal dari penggunaan produk percetakan itu. 

Kegunaan Macam-Macam Produk Percetakan

Macam-macam produk percetakan seperti pulpen, pin, dan buku

Anda mungkin berpikir, kenapa harus tahu informasi mengenai macam-macam produk percetakan? Hal ini berkaitan dengan manfaat yang bisa Anda peroleh dari pemanfaatan produk-produk tersebut. Anda akan memperoleh beberapa manfaat saat menggunakan produk percetakan, yaitu: 

1. Sarana Promosi

Kehadiran macam-macam produk percetakan membantu Anda ketika ingin melakukan promosi bisnis. Promosi merupakan kegiatan yang sangat penting, dengan tujuan untuk memperkenalkan produk serta manfaatnya bagi para konsumen. Lewat promosi, Anda berkesempatan untuk memperoleh omzet bisnis yang lebih besar. 

2. Upaya Membangun Brand

Ada pula kegunaan macam-macam produk percetakan sebagai upaya membangun brand. Anda mungkin beranggapan kalau branding tidak jauh berbeda dengan promosi. Keduanya memang mirip, tetapi keduanya memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan jangka pendek. Sementara itu, branding dilakukan untuk kepentingan jangka panjang. 

Branding sangat penting bagi para pelaku usaha. Lewat branding yang tepat, Anda berkesempatan untuk membangun hubungan emosional lebih dekat dengan para konsumen. Kalau sudah memiliki branding yang baik, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk memasarkan produk. 

3. Dokumentasi

Anda dapat pula menggunakan macam-macam produk percetakan sebagai sarana dokumentasi. Keberadaan dokumentasi sangat penting untuk menyimpan berbagai jenis kegiatan atau aktivitas yang telah dilakukan. Selain itu, dokumentasi juga berguna untuk penyimpanan data penting. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan data tersebut di kemudian hari. 

Macam-Macam Produk Percetakan

Macam-macam produk percetakan seperti buku dan poster

Lalu, apa saja jenis produk percetakan yang bisa Anda pakai? Terdapat 5 kategori produk yang bisa Anda dapatkan, yaitu: 

1. Buku

Kategori yang pertama adalah buku. Anda perlu menggunakan layanan percetakan ketika ingin membuat buku. Bisnis percetakan memastikan Anda bisa mencetak buku dalam bentuk apapun sesuai dengan kebutuhan. 

Sebagai contoh, ketika Anda ingin mencetak buku tahunan. Anda bisa menggunakan layanan percetakan untuk mencetak buku tahunan yang diinginkan. Buku tersebut menjadi sarana dokumentasi berbagai pengalaman menarik dan menyenangkan selama periode waktu tertentu. Biasanya, buku tahunan dibuat sebagai bagian dari tradisi akhir tahun ajaran sekolah.

Contoh lainnya adalah ketika Anda ingin mencetak buku menu makanan. Pelaku usaha kuliner memerlukan keberadaan buku menu makanan untuk menjalankan bisnisnya. Di situ, mereka dapat mencantumkan informasi mengenai daftar menu yang mereka tawarkan beserta dengan harganya. 

2. Business Stationery

Macam-macam produk percetakan selanjutnya adalah produk yang termasuk dalam kategori business stationery. Produk yang ada dalam kategori ini berkaitan dengan aktivitas pelaku usaha dalam menjalin relasi dengan para koleganya. 

Produk yang termasuk dalam kategori business stationery cukup beragam. Salah satunya adalah kalender. Anda bisa mencetak kalender sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness perusahaan. Harapannya, Anda bisa memperoleh lebih banyak orang yang mengenal merek perusahaan secara lebih dalam. 

Ada pula contoh produk business stationery berupa kartu nama. Penggunaan kartu nama dalam bisnis sangat krusial. Lewat kartu nama, Anda berkesempatan untuk memperoleh kenalan baru. Di waktu yang sama, pemakaian kartu nama juga membuat Anda terlihat lebih profesional di hadapan klien. 

3. Materi Pemasaran

Kebutuhan produk percetakan selanjutnya adalah sebagai materi pemasaran. Ada berbagai produk yang bisa Anda gunakan untuk sarana pemasaran produk perusahaan, di antaranya: 

a. Stiker

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan stiker sebagai sarana pemasaran produk. Stiker dapat Anda pakai untuk label. Selain itu, tidak ada salahnya pula ketika Anda menggunakan stiker sebagai upaya meningkatkan brand awareness.

Stiker yang Anda cetak tidak hanya perlu memiliki desain yang unik. Namun, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan kertas. Beberapa jenis kertas untuk stiker di antaranya adalah vinyl, bontax, HVS, yupo, gold foil, dan semacamnya.

Baca juga: Jenis dan Ukuran Kertas Percetakan yang Sering Digunakan

b. Brosur

Ada pula pilihan untuk menggunakan produk percetakan berupa brosur. Brosur merupakan jenis media yang kerap digunakan sebagai sarana promosi. Lewat brosur, Anda dapat memberi pemaparan informasi produk secara lebih jelas kepada konsumen.

c. Cetak A3

Ada pula produk percetakan berupa layanan cetak kertas A3. Kertas A3 memiliki ukuran 297 x 420 mm, biasa digunakan untuk mencetak hasil gambar. Namun, tak menutup kemungkinan Anda menggunakan ukuran kertas ini untuk sarana mencetak materi pemasaran. 

d. Poster

Macam-macam produk percetakan yang termasuk dalam kategori materi pemasaran adalah poster. Penggunaan poster untuk sarana pemasaran merupakan strategi yang sering dilakukan oleh para pengusaha. 

Untuk keperluan pencetakan poster, Anda tidak hanya bisa menggunakan bahan berupa kertas. Ada banyak pertimbangan jenis bahan lain yang dapat Anda pakai. Hanya saja, Anda perlu memastikan kalau pihak percetakan memiliki peralatan pendukung secara lengkap atau tidak.  

Bahan untuk poster yang ditempatkan di dalam ruangan beda dengan poster luar ruangan. Anda perlu memilih material yang tahan terhadap cuaca ketika ingin membuat poster outdoor.  Oleh karena itu, kertas bukanlah opsi yang tepat. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih bahan berupa papan MDF, impraboard, foam board, akrilik, dan semacamnya.

Hal yang tak kalah penting, Anda juga perlu mencermati ukuran poster. Anda punya pilihan untuk mencetak poster dalam ukuran besar. Namun, untuk keperluan tertentu, tidak ada salahnya ketika Anda mendesain poster dalam ukuran kecil. 

Baca juga: Menentukan Bahan dan Ukuran Poster yang Menarik Perhatian

4. Display Iklan

Produk selanjutnya adalah display iklan. Berbeda dengan iklan biasa, display iklan merupakan produk percetakan yang dikemas dengan menggunakan gambar menarik. Dengan begitu, iklan tersebut mampu menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. 

Display iklan bisa Anda desain dalam berbagai bentuk. Anda bisa memilih untuk mencetaknya dalam bentuk banner yang bisa dibawa ke mana saja dengan mudah. Selain itu, ada pula pilihan untuk mencetak display iklan berbentuk banner dengan ukuran besar.

5. Souvenir

Kategori terakhir dalam jenis produk percetakan adalah souvenir. Souvenir bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Anda bisa memesan souvenir untuk tamu ketika mengadakan acara resepsi pernikahan. Selain itu, ada pula pilihan menggunakan souvenir yang ditujukan sebagai hadiah kepada pelanggan setia. 

Terkait pemilihan jenis souvenir yang dicetak, Anda punya banyak pertimbangan. Anda bisa menggunakan kaos. Selain itu, ada pula pertimbangan mencetak souvenir dalam bentuk pin, tote bag, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi yang perlu Anda ketahui terkait macam-macam produk percetakan. Sampai di sini, Anda bisa tahu kalau pilihan produk percetakan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan cukup variatif. Anda pun tinggal memilih jenis produk yang sesuai. 

Semoga bermanfaat, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

terbaru

Pertimbangkan 3 Hal Ini Untuk Memilih Jasa Percetakan, Selain Hasilnya

Pertimbangkan 3 Hal Ini Untuk Memilih Jasa Percetakan, Selain Hasilnya

Bagi kamu yang ingin mencetak atau mencustom produk di jasa percetakan. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal yang harus kamu perhatikan…
Starter Pack Untuk Kamu Bekerja

Starter Pack Untuk Kamu Bekerja

Bekerja saat ini sudah menjadi aktifitas sebagian orang, temasuk para anak muda. Perusahaan start up menjadi pilihan anak muda untuk…
Ikuti Tips Untuk Merawat Tote Bag Kanvas Kesayanganmu

Ikuti Tips Untuk Merawat Tote Bag Kanvas Kesayanganmu

Tote bag kanvas menjadi salah satu tote bag yang paling banyak dikenakan oleh anak zaman milenial, dengan penambahan aksen custom…