Ilustrasi jenis kertas undangan

Biar Undanganmu Keren, Pakai 10 Jenis Kertas Undangan Ini!

Jenis kertas undangan merupakan salah satu poin penting yang harus Anda pertimbangkan dalam pembuatan undangan. Hal ini penting, sebab dengan mengetahui beragam jenis kertas untuk undangan, Anda bisa menentukan kertas yang sesuai dengan bujet kebutuhan Anda.

Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat undangan Anda tampak lebih mewah hanya dari pemilihan kertasnya saja, lho. Maka dari itu, mari kita bahas 10 jenis kertas undangan yang umumnya banyak  digunakan.

Jenis Kertas Undangan yang Sering Digunakan di Percetakan

Ilustrasi contoh jenis kertas undangan

Ingin undangan Anda tampak mewah? Simpel, Anda hanya perlu menggunakan jenis kertas undangan yang tepat. Pemilihan kertas yang tepat dapat membantu dalam menambah kesan eksklusif yang dimiliki undangan Anda.

Nah, berikut ini adalah 10 jenis kertas  yang sering digunakan untuk undangan. Yuk, cek satu per satu!

1. Kertas Jasmine

Kertas jasmine merupakan jenis kertas yang paling sering digunakan untuk mencetak undangan pernikahan. Kertas ini memiliki kesan eksklusif karena terdapat taburan glitter di atasnya. 

Tak hanya digunakan dalam mencetak undangan pernikahan, kertas jasmine juga cukup banyak digunakan untuk mencetak amplop. 

Untuk urusan harga, harga kertas jasmine memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis kertas undangan lain yang akan disebutkan. Akan tetapi, Anda bisa mendapatkan kualitas yang sesuai dengan  harga kertas tersebut.

2. Matt paper

Jenis kertas undangan yang satu ini memiliki tampilan doff (matte) sebagaimana bisa Anda jumpai pada foto yang dicetak menggunakan kertas serupa. Kertas ini tidak berkilau dan tidak lengket saat dipegang. 

Disebut juga sebagai matte coated paper, jenis kertas yang satu ini tidak hanya sering digunakan untuk mencetak undangan—beberapa kegunaan lain dari kertas ini adalah untuk mencetak brosur, poster, buku tahunan, company profile, katalog, bahkan media massa seperti majalah. 

3. Art Paper

Ingin membuat undangan namun bujet terbatas? Pakai saja Art Paper! Coating yang dimiliki jenis kertas ini bersifat licin dan mengkilap. Meski kualitasnya di bawah kualitas dua jenis kertas undangan yang disebutkan sebelumnya, jenis kertas yang satu ini lumayan bagus untuk mencetak undangan; dan yang terpenting, harganya lebih murah!

Jenis kertas ini hadir dengan berbagai ketebalan dari 85-150 gsm. Makin tebal, tentu saja makin banyak bujet yang harus Anda siapkan. Selain untuk undangan, art paper biasa digunakan untuk membuat brosur, kalender, poster, flyer, atau kebutuhan publikasi lainnya.

4. Art Carton

Nah, jika Anda ingin mencari versi yang lebih tebal dari Art Paper, Art Carton ini bisa menjadi solusi untuk Anda. Dengan kualitas yang serupa dengan Art Paper, Art Carton memiliki ketebalan mulai dari 180 hingga 400 gsm (gram square meter—gram per meter persegi).

Meskipun masih jarang digunakan sebagai kertas untuk undangan, bahan ini sering digunakan sebagai bahan untuk mencetak brosur, kartu nama, bahkan box makanan dalam berbagai bentuk. 

5. Aster

Jenis kertas untuk undangan ini berharga lebih mahal, jika dibandingkan dengan art paper. Kertas ini hadir dengan permukaan yang halus, sehingga cocok jika digunakan untuk membuat undangan pernikahan eksklusif.

6. Concorde

Kertas yang satu ini juga sering digunakan dalam pembuatan undangan. Harganya pun bervariasi, sebab jenis kertas ini hadir dalam berbagai ketebalan, yaitu 90-120 gsm (tipis), dan 250 gsm (tebal). 

Karena ragam ketebalan inilah kertas concorde bisa digunakan untuk berbagai project. Sebagai contoh, untuk mencetak sertifikat, kop dan amplop surat, atau untuk mencetak undangan pernikahan. 

7. Samson Kraft

Siapa sangka jenis kertas ini merupakan hasil produk daur ulang? Kertas Samson Kraft memiliki warna coklat kusam dengan permukaan yang kasar. Bahkan Anda akan merasakan bulir-bulir pasir pada saat menyentuh permukaannya. 

Meski begitu, banyak orang menggunakan jenis kertas ini untuk mencetak undangan karena hasil cetaknya yang terlihat klasik.

8. Ivory

Jenis kertas undangan ini merupakan jenis kertas yang memiliki dua karakteristik sisi yang berbeda. Pada bagian luar, kertas ini tampak mengkilap, sedangkan pada sisi bagian dalam, Anda akan menjumpai tekstur yang lumayan kasar jika dibandingkan dengan bagian luarnya.

Tak hanya digunakan sebagai bahan kertas untuk mencetak undangan, kertas Ivory juga digunakan untuk membuat packaging kosmetik dan makanan. Bahkan ada juga yang menggunakan kertas ini untuk membuat shopping bag.

9. Linen

Sering disebut sebagai karton linen atau kertas linen Jepang, jenis kertas yang satu ini memiliki tekstur yang unik dibandingkan dengan jenis kertas lain. Karena teksturnya yang unik dan tampilannya yang terkesan eksklusif, banyak orang menggunakan kertas ini untuk mencetak undangan, ijazah, dan piagam penghargaan.

10. Akasia

Sama seperti kertas linen, tekstur kertas akasia cenderung unik. Tekstur kertas ini bersifat seperti kain dengan garis-garis yang menyerupai hasil tenunan. Meski lumayan mahal bila dibandingkan dengan kertas Art Paper, Anda bisa menggunakan jenis kertas ini untuk mencetak undangan, foto, bahkan dokumen penting seperti sertifikat atau piagam penghargaan.

Baca juga: Jenis dan Ukuran Kertas Percetakan yang Sering Digunakan

Dari sepuluh jenis kertas undangan yang telah disebutkan, berapa banyak yang sudah Anda ketahui? Tak usah risau jika Anda masih belum mengenal jenis-jenis kertas tersebut—Anda bisa menanyakannya langsung ke percetakan pada saat Anda ingin mencetak undangan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

terbaru

Pertimbangkan 3 Hal Ini Untuk Memilih Jasa Percetakan, Selain Hasilnya

Pertimbangkan 3 Hal Ini Untuk Memilih Jasa Percetakan, Selain Hasilnya

Bagi kamu yang ingin mencetak atau mencustom produk di jasa percetakan. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal yang harus kamu perhatikan…
Starter Pack Untuk Kamu Bekerja

Starter Pack Untuk Kamu Bekerja

Bekerja saat ini sudah menjadi aktifitas sebagian orang, temasuk para anak muda. Perusahaan start up menjadi pilihan anak muda untuk…
Ikuti Tips Untuk Merawat Tote Bag Kanvas Kesayanganmu

Ikuti Tips Untuk Merawat Tote Bag Kanvas Kesayanganmu

Tote bag kanvas menjadi salah satu tote bag yang paling banyak dikenakan oleh anak zaman milenial, dengan penambahan aksen custom…