Pilihan software desain grafis terbaik

10 Pilihan Software Desain Grafis Terbaik Desktop dan Mobile

Penggunaan aplikasi desain grafis saat ini sangat krusial. Keberadaannya tidak hanya diperlukan oleh desainer profesional. Namun, banyak pula masyarakat awam yang ingin memahami cara penggunaannya. Kabar baiknya, saat ini ada banyak pilihan software desain grafis terbaik yang bisa Anda pakai. Tidak hanya untuk platform desktop, tetapi juga untuk perangkat mobile

Dengan begitu banyaknya pilihan aplikasi desain grafis, Anda bakal mengalami kebingungan dalam menentukan software yang tepat. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini 10 rekomendasi software desain grafis terbaik yang dapat Anda pilih. 

Baca juga: Perlu Diulik, Ini 7 Hal Pentingnya Desain Grafis untuk Pemasaran

Aplikasi Desain Grafis Desktop

Software desain grafis terbaik basis desktop

Kalau Anda mencari aplikasi desain grafis untuk platform desktop, baik Windows dan Mac, ini rekomendasi software yang bisa dipilih: 

1. CorelDRAW Graphics Suite 2021

Rekomendasi aplikasi desain grafis pertama adalah CorelDRAW Graphics Suite 2021. Awalnya, CorelDRAW merupakan software yang secara khusus ditujukan untuk perangkat Windows. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan aplikasi desain, CorelDRAW dapat pula dipakai oleh pengguna perangkat Mac. 

Tak cukup sampai di situ. CorelDRAW Graphics Suite 2021 menawarkan penggunaan multi-platform yang tidak terbatas hanya untuk perangkat mobile. Anda bisa pula menjalankan aplikasi CorelDRAW terbaru ini menggunakan browser. Fitur yang ada di dalamnya pun sangat lengkap, seperti ilustrasi vektor, pembuatan layout, edit foto, tipografi, dan lain sebagainya. 

2. Adobe Illustrator

Pertimbangan selanjutnya adalah Adobe Illustrator. Software desain grafis terbaik ini menjadi solusi yang pas ketika Anda ingin mendesain vektor. Aplikasi ini bisa Anda temukan di platform Windows dan Mac. Sebagai alternatif, ada pula versi mobile yang disebut dengan Adobe Illustrator Draw

Penggunaan Adobe Illustrator cukup fleksibel. Anda bisa memanfaatkannya ketika ingin mendesain poster, membuat ikon, artwork, dan lain-lain. Pemakaiannya tidak hanya bisa Anda manfaatkan ketika ingin membuat desain dalam ukuran kecil seperti kartu nama. Anda bisa pula memakai aplikasi berbayar ini ketika ingin membuat billboard berukuran ekstra besar. 

3. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah software desain grafis terbaik yang sudah sangat populer. Anda dapat menggunakan Photoshop untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh, pembuatan banner, logo, poster, dan bahkan ketika Anda ingin membangun website. Photoshop mampu memberi solusi untuk pengeditan gambar secara sederhana maupun kompleks. 

Photoshop tidak hanya menyediakan sarana untuk edit gambar. Anda bisa pula menciptakan artwork natural dan mengatur komposisi gambar lewat aplikasi desain berbayar ini. Selain itu, ada pula fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran kanvas, menciptakan custom brush, membuat desain 3D, dan lain sebagainya.

4. Sketch

Sketch merupakan aplikasi desain grafis yang biasanya dipakai untuk keperluan mendesain UI/UX aplikasi mobile. Saat menggunakan aplikasi ini, Anda akan menyimpan berkas dengan format .sketch yang kemudian bisa dibuka pada software desain lainnya seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan lain sebagainya. 

Aplikasi Desain Grafis Mobile

Software desain grafis terbaik basis mobile

Kecanggihan perangkat mobile saat ini juga memungkinkan Anda untuk bisa menjalankan software desain grafis berkualitas. Pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan pun beragam, di antaranya: 

5. Infinite Design

Kalau Anda ingin mencari software desain grafis terbaik yang gratis, pertimbangkan untuk mengunduh Infinite Design. Aplikasi ini bisa Anda temukan di platform Android dan iOS. Sesuai dengan namanya, Infinite Design memungkinkan Anda untuk membuat desain tanpa batas lewat kanvas dengan berukuran ekstra besar. 

Fitur-fitur yang bisa Anda pakai di dalam Infinite Design cukup lengkap. Anda akan menjumpai keberadaan layer dalam jumlah tidak terbatas. Selain itu, ada pula fitur ekstra seperti translate, flip, scale, distort, dan lain sebagainya. Gambar yang telah Anda buat pun bisa disimpan dalam bentuk vektor yang bisa diedit. 

6. Adobe Comp

Ada pula aplikasi dari Adobe yang bisa Anda unduh secara gratis di platform Android dan iOS bernama Adobe Comp. Hanya saja, penggunaan Adobe Comp sengaja didesain untuk bisa digunakan secara beriringan dengan produk Adobe lainnya seperti Photoshop, Illustrator, dan lain-lain. Lewat Adobe Comp, Anda bisa menciptakan desain lewat teks atau membentuknya secara langsung. Adobe pun menyediakan font gratis yang bisa dijumpai dari Typekit Library. 

7. Sketchbook

Pilihan aplikasi gratis lainnya dari adalah Sketchbook. Karena gratis, Anda bisa memanfaatkan sebagai sarana belajar desain grafis. Aplikasi ini menyediakan 10 tool yang bisa membantu Anda dalam menciptakan desain dalam berbagai bentuk. Selain itu, ada pula fitur zoom mencapai 2.500%. Oleh karena itu, Anda bisa menciptakan hasil desain yang detail. 

8. Picsart

Aplikasi mobile untuk keperluan desain grafis selanjutnya adalah Picsart. Anda dapat menemukan Picsart untuk platform Android dan iOS. Menariknya, Anda tidak hanya bisa menggunakan Picsart untuk pengeditan gambar dan foto. Di waktu yang sama, Anda bisa pula mengedit video dengan aplikasi ini. 

Cara penggunaan Picsart untuk pengeditan gambar cukup sederhana. Anda dapat memakai berbagai jenis filter yang bisa secara bebas dipakai. Ada pula pilihan untuk mengedit latar belakang sehingga terlihat buram. Tak ketinggalan, Anda bisa menambahkan teks, menambahkan stiker, menghilangkan objek tertentu, dan lain sebagainya.

Software Desain Grafis Terbaik Berbasis Browser

Software desain grafis terbaik basis browser

Buat Anda yang ingin memakai software desain grafis secara fleksibel di berbagai perangkat, ada solusinya. Alih-alih bergantung pada platform tertentu, Anda bisa menjalankan aplikasi menggunakan browser. Pilihan software berbasis browser yang bisa Anda pakai di antaranya adalah: 

9. Canva

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Canva? Software yang satu ini sangat populer. Alasannya, karena Canva menawarkan cara penggunaan yang sangat mudah dan cepat. Mereka yang menggunakan Canva tidak hanya para pemula. Banyak pula desainer profesional yang terbiasa menggunakan aplikasi Canva. 

Daya tarik utama yang membuat Canva sangat populer adalah pilihan template yang beragam. Selain itu, Anda bisa pula menemukan font secara gratis. Cara pengoperasian aplikasi sangat user friendly, dengan sistem drag and drop. Buat Anda yang ingin menggunakan fitur yang lebih banyak, ada pilihan untuk menggunakan layanan berbayar dari Canva. 

10. Crello

Selain Canva, ada pula pilihan software desain grafis online bernama Crello. Aplikasi ini pun bisa Anda gunakan tanpa harus melakukan pembayaran. Meski gratis, Anda dapat menggunakannya untuk menciptakan konten visual yang impresif dan unik. Apalagi, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur editor online yang intuitif. 

Cara penggunaan aplikasi Crello relatif sangat mudah. Saat pertama kali menjalankannya, Anda dapat memilih template yang tersedia. Setelah itu, Anda punya pilihan untuk melakukan pengeditan secara bebas. Anda bisa menghilangkan latar belakang, mengganti warna dan font, mengatur ukuran gambar, dan lain sebagainya. 

Itulah 10 rekomendasi aplikasi desain grafis yang dapat Anda gunakan. Anda pun bisa memilih software desain grafis terbaik yang sesuai dengan tingkat kebutuhan. Anda dapat memakai aplikasi gratis, berbayar, desktop, mobile, ataupun yang berbasis browser.

Pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda. Semoga bermanfaat, ya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

terbaru

Pertimbangkan 3 Hal Ini Untuk Memilih Jasa Percetakan, Selain Hasilnya

Pertimbangkan 3 Hal Ini Untuk Memilih Jasa Percetakan, Selain Hasilnya

Bagi kamu yang ingin mencetak atau mencustom produk di jasa percetakan. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal yang harus kamu perhatikan…
Starter Pack Untuk Kamu Bekerja

Starter Pack Untuk Kamu Bekerja

Bekerja saat ini sudah menjadi aktifitas sebagian orang, temasuk para anak muda. Perusahaan start up menjadi pilihan anak muda untuk…
Ikuti Tips Untuk Merawat Tote Bag Kanvas Kesayanganmu

Ikuti Tips Untuk Merawat Tote Bag Kanvas Kesayanganmu

Tote bag kanvas menjadi salah satu tote bag yang paling banyak dikenakan oleh anak zaman milenial, dengan penambahan aksen custom…